Apa Itu Kurma Muda (Ruthob)

Kurma Muda Kuning. Kurma yang beredar di Indonesia umumnya kurma kering atau tamr dalam bahasa arab. Berbagai jenis tamr sudah beredar sejak berabad-abad yang lalu. Jenis kurma yang populer di pasar Indonesia antara lain ajwa (kurma nabi), khalas, deglet nur, dan khenaizi. 

Kurma jenis lain ada banyak juga namun kurang populer meski tiap jenis kurma ada ciri khasnya. Sebut saja naghal, siwi, medjol, zaglul, barhi, zahidi, sukari, lulu, dan lain-lain. Semua kurma kering umumnya berasa manis dengan rasa dan tekstur daging buah berbeda, ada yang legit ada yang lembut.

Tahukah anda bahwa aslinya kurma muda berwarna kuning atau merah? Bukan coklat atau hitam. Jika baru tahu, beruntung anda mampir ke sini. Sebagaimana buah kelapa dalam bahasa Jawa, tiap-tiap fase ada nama sendiri. Sebut saja bunga, bluluk, cengkir, degan, dan terakhir kambil. Demikian pula kuma, tiap fase ada namanya sendiri.

Secara garis besar, berikut adalah fase dan nama buah kurma. Hababuk usia 0-15 hari, kimri usia 15-75 hari, kholal usia 105hari, Rutob usia 120-135hari, dan tamr di usia 150 hari. Hitungan hari dihitung sejak mayang pecah pertama kali.

kurma ruthob

Fase hababuk hingga kholal masih berasa pahit. Di fase Rutob, beberapa jenis kurma sudah berasa manis ada sepet-sepetnya sedikit, diantaranya Kurma Barhi. Sedang kurma jenis lain di fase rutob masih berasa pahit atau sepet.

Kasiat Kurma Muda (Rutob)

Kurma fase Rutob mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, Rutob dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus. Perempuan Arab meyakini bahwa kurma dapat menghaluskan kulit karena kandungan vitamin A dalam kurma. Asam nikotinat atau vitamin B3 berkhasiat mengurangi penyakit insomnia.

Bagi wanita, khususnya ibu yang sedang menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma Rutob bisa menambah kuantitas air susu. Kurma juga berperan dalam pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui. Konon, bayi yang menyusu kepada ibu yang rajin mengkonsumsi kurma akan tumbuh menjadi anak cerdas.

Kurma Ruthob juga diyakini memberi tambahan energy bagi ibu hamil. Menurut penelitian juga, jus kurma dapat memperkuat urat-urat Rahim sehingga proses melahirkan lebih lancar.

Berikut foto-foto Rutob. Ukuran kurma Rutob beranekaragam tergantung Negara asal dan perawatannya. Jika beruntung, anda bisa memperoleh Rutob dengan size jumbo. Sebutir beratnya +/- 20gram. Bisa dibayangkan, 1kg berisi sekitar 50 butir kurma Rutob.

 

 



Kurma Muda Kuning menyediakan aneka kurma termasuk kurma muda (ruthob). Hubungi 0878 8179 3730.